Pringati Hari Sumpah Pemuda Ke-94, SDN 4 Minas Gelar Parade Pakaian Adat Nusantara Hingga Drma Sumpah Pemuda 

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 21:26:49 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke-94. Sebagi Sekolah penggerak angkatan kesatu di Kecamatan Minas, pihak SDN 04 Minas Jaya menggelar kegiatan parade pakaian adat Nusantara, Upacara bendera, drama sumpah pemuda hingga tarian dan nyanyian daerah serta puisi oleh siswa siswi di Sekolah itu, Sabtu (29/10/2022).

"Jadi didalam sekolah penggerak itu ada namanya Project penguatan profil pelajar Pancasila, dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya langsung anak-anak itu memperaktekan dan memperagakan dalam suatu moment yang telah disusun," kata Rosniawati Syamsimar MPd kepala sekolah SDN 04 Minas kepada Wartawan media ini.

Dijelaskannya, dalam hal ini para siswa dengan penuh antusias mereka menampilkan tarian dari berbagai daerah, diantaranya Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jawa Barat dan Aceh.


"Ada juga lagu daerah yang dinyanyikan anak-anak kita, seperti dari daerah Sumatera Utara hingga pengadaan drama tentang kongres sumpah pemuda sampai dengan kedatangan penjajah Belanda yang diperagakan oleh anak-anak kita," paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya pun berharap kiranya hal itu dapat menjadi suatu project yang dapat mendukung siswa siswi disekolah itu untuk semakin mengetahui ilmu tentang sejarah perjuangan pemuda pemudi Indonesia.

"Sebab, pembelajaran kita bukan hanya didalam kelas, namun juga diluar kelas dengan memperaktekan dan memperagakan terhadap peristiwa-peristiwa yang ada di Indonesia, jadi disini kita mengasah kemampuan anak-anak kita," kata dia.

Dikatakannya lagi, kedapn pihaknya juga akan mengadakan hal serupa pada peringatan hari Pahlawan di 10 November 2022 mendatang.


"Sebab kegiatan-kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang mengasah anak-anak kita tentang ketrampilan motorik ataupun kemampuan berbicara didepan publik," katanya.


Selain itu kata dia, kegiatan ini sendiri untuk tingkat Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Minas baru pihaknya yang mengadakannya, oleh karena itu ia pun berharap agar sekolah-sekolah lain juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan serupa itu.***

Penulis : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex